Profile Stadion Piala Eropa 2020: Wajah Baru San Mames

Donpanchossteakhousebronx.com – Tidak layaknya sebagian besar negara lain yang memercayakan stadion di ibu kota semasing, Spanyol malah diwakilkan Bilbao di Piala Eropa 2020.

Di Piala Eropa 2020 musim panas akan datang, Estadio San Mames, yang disebut kandang Athletic Bilbao gagasannya akan jadi venue beberapa pertandingan di Group E yang diisi Spanyol serta set 16 banyak.

San Mames adalah venue baru semenjak 2013. Bangunan ini gantikan bentuk lama stadion yang berdiri semenjak 1913 yang lalu. Stadion baru ini juga kadang disebutkan San Mames Barria.

San Mames lama adalah stadion paling tua di Spanyol. Stadion memiliki 40 ribu pemirsa ini diberi nama demikian sebab dibuat di dekat satu gereja namanya San Mames.

Sesudah jadi saksi kemasyhuran Bilbao dengan beberapa periode tidak sama, San Mames pada akhirnya dihancurkan di Juni 2013 untuk diganti dengan stadion baru yang dibuat pas di sampingnya.

Wawasan untuk gantikan stadion lama yang baru ketika muncul semenjak 2004 serta akhirya disepakati di 2006. Stadion baru ketika dibuat semenjak 2010 di atas tempat yang awalnya jadi area Pameran Internasional Bilbao.

Stadion baru ini mempunyai kemampuan 53 ribu area duduk serta dibuka dengan laga di antara Athletic Bilbao versi Celta Vigo yang berakhir dengan score 3-2 di 16 September 2013 yang lalu.

Saat itu stadion baru masih baru selesai sepertiga. Satu bagian masih didiamkan buat membuat Athletic Bilbao masih dapat bermain di stadion yang lama. Pembangunan juga diteruskan serta betul-betul 100 % selesai sebelum musim 2014-15.

Stadion San Mames Barria ini dibuat dengan habiskan dana sebesar 211 jt euro. Beberapa faksi memberi dana untuk pembangunan stadion ini, salah satunya pemerintah Basque, pemerintah kota Bilbao, pemerintah propinsi Biscay, Athletic Bilbao, serta Kutxabank.

Stadion baru yang kekinian ini diperlengkapi dengan feature pencahayaan futuristik di sisi exterior. Tidak itu saja, satu monitor raksasa memiliki ukuran 15, lima mtr. x 9, 8 mtr. terpasang dibagian luar stadion.

Semenjak 2017, faksi club buka museum baru di stadion ini. Kecuali itu, pada tahun yang sama Athletic putuskan untuk perpanjang atap stadion, memberi respon kritikan beberapa supporter yang berasa masih basah kuyup bila berlangsung hujan.

Peristiwa Bersejarah di San Mames

San Mames lama sempat jadi venue gelaran besar Piala Dunia 1982. Saat itu San Mames jadi area dimainkannya tiga pertandingan putaran group yang semuanya menyertakan Inggris.

Selain itu, stadion San Mames Barria sempat dipakai untuk venue tonton bersama partai final Copa del Rey di antara Athletic Bilbao kontra Barcelona yang berjalan di Camp Nou. Sayang, saat itu Athletic kalah 1-3.

San Mames Barria sempat juga jadi area diadakannya partai final European Rugby Challenge Cup serta Champions Cup edisi 2018 kemarin. Saat itu jumlah pemirsa yang ada jadi rekor paling tinggi di San Mames, yaitu sampai 52.282 orang.

Di Januari 2019 lalu, San Mames memanggungkan partai Copa de la Reina di antara team wanita Athletic Bilbao versi Atletico Madrid. Pertandingan ini pecahkan rekor pemirsa paling banyak dengan riwayat sepak bola wanita Spanyol, yaitu 48.121 orang.

Kecuali sepak bola serta olah raga yang lain, San Mames sering digunakan untuk venue konser bertaraf internasional. Tertera beberapa band serta vokalis teratas dunia sempat mengadakan konser di San Mames, baik yang lama atau baru, ketika dari AC/DC, Shakira, Guns N’Roses, sampai Muse.

 

Jadwal Laga di Piala Eropa 2020

Stadion San Mames mampu jadi venue di panggung Piala Eropa 2020. Tuan tempat tinggal Spanyol mampu mainkan semua laga mereka di set penyisihan group di stadion ini.

Menariknya, ini adalah pertama kali dengan semakin dari 50 tahun paling akhir buat timnas Spanyol bermain di Basque. Menariknya lagi, San Mames malah jadi kandang dari timnas tidak sah Basque dari 2013 sampai 2016 kemarin.

Gagasannya, di stadion ini mampu diadakan sejumah laga penyisihan Group E, dan set 16 Banyak Piala Eropa 2020:

  • 15 Juni 2020: Spanyol versus Swedia
  • 20 Juni 2020: Spanyol versus Polandia
  • 24 Juni 2020: Juara play-off B versus Spanyol
  • 28 Juni 2020: Set 16 Banyak

 

Catatan Mengenai San Mames

  1. Konser band rock AC/DC yang diadakan di San Mames di 28 Juni 2010 yang lalu adalah konser paling akhir dari gitaris legendaris sekaligus juga salah satu pendiri band, Malcolm Young.
  2. San Mames Barria mendapatkan penghargaan untuk Bangunan Olahraga Paling baik Tahun 2015 dengan acara Festival Arsitektur Dunia yang diadakan di Singapura.
  3. Di 2017 lalu, San Mames hampir jadi tuan tempat tinggal pertandingan final Copa del Rey. Sayang, hal itu batal berlangsung sebab faksi pengelola stadion tidak dapat mengadakan pertandingan, pemicunya ialah tiga hars berlalu digelar konser Guns N’ Roses.
  4. Obor sebagai simbol di stadion lama tidak turut dihancurkan, tetapi dipindahkan ke tempat latihan Athletic Bilbao di Lezama, serta terpasang di bagian lapangan yang dipakai team cadangan serta team wanita Athletic.
  5. San Mames terdapat di pusat kota Bilbao serta dapat dilakukan dengan jalan kaki semasa 15 menit saja dari simbol kota Bilbao, Museum Guggenheim.